Jumat, 27 Juli 2012

bulan berkah tanpa keluarga

Ini bukan kali pertama aku menjalan kan ibadah puasa jauh dari kampung halaman. Kalo mau diitung-itung,, sudah 8 tahun aku merantau di tanah jawa ini. Dan sudah 9 x id.  ftri aku lalui tanpa berkumpul bersama keluarga tercinta.. Hiks ... Sedih.. Kata yang terucap dalam hati dan bibir ini ketika mendengar kumandang takbir hari raya yang menggema di seantero tempat tinggalku saat ini. Terbayang kampung halaman nan jauh di mata..sungkem ria dengan kedua orang tua, bermaaf-maafan dengan saudara, tetangga, dan keluarga besar, makan ketupat lebaran, makan hidangan lebaran, bersilaturahim ke rumah kerabat dan tetangga  ih.. Suasana seperti di rumah lah yang sangat kurindukan.. Kini berbeda.. menjalani idul fitri sendiri tanpa keluarga, tanpa ketupat lebaran, tanpa sungkeman.. (halaaahh lebay dehh ) Ya,memang seperti itu adanya.. salah satu episode perjalanan hidupku..
Merantau bagian dari pilihan hidupku. Pilihan yang menentukan masa depan untuk sebuah perubahan.. perubahan sikap, cara pandang, berfikir dan wawasan.. Inilah yang ingin aku dapatkan.. Perubahan yang menuju pada kebaikan dan kemanfaatan.. Dan pada setiap pilihan ada resikonya. Jauh dari orang tua, merindukan kebersamaan saat hari raya dan lain sebagainya merupakan resiko yang aku ambil atas pilihan ini..
Hmm.. semoga ini menjadi pembelajaran hidupku.. Selalu mencoba belajar berhari raya tanpa keluarga.. Mungkin suatu hari ada saat yang lebih berbeda lagi dari saat yang sekarang aku jalani. Dimana masa yang membuatku akan lebih jarang lagi bertemu dan bersama mereka. Namun, Satu hal yang pasti, jangan pernah menyiakan saat-saat bersama mereka dan terus mendoakan mereka yang aku cintai agar selalu diberi kesehatan dan keberkahan usia..
walau di rantau aku sangatz menderita..pii,aku yakin..
keluarga ku yang di sana hidup dengan kebahagian..
ehc...sob sebenr nya aku kangen bangetz ma kampung halaman pii,ke adaan yg bikin aku tetep bertahan
sampai sekarang ini....

2 komentar:

semoga pembelajaran ini benar-benar dipegang ya mas ya :)

Posting Komentar